Makanan Indonesia Yang Ada Sejak Zaman Penjajahan

Makanan Indonesia Yang Ada Sejak Zaman Penjajahan

Apakah kalian pernah mencoba makanan Indonesia yang ada sejak zaman penjajahan? Jaman perang dan perjuangan emang sudah berakhir, tapi apakah kamu tau masih banyak banget yang bisa dikenang selain perjuangan dan nama-nama pahlawan Indonesia yang sudah mati-matian bela negara sampai merdeka dan bikin kamu jadi anak gaul kayak sekarang ini? Kalau sudah Qraved yang bahas sih pastinya ya ngga jauh-jauh dari makanan ya? Hehehe. Banyak bangeeet makanan yang sudah ada sejak jaman perjuangan dan mungkin dari jaman nenek kamu masih gadis yang (mungkin) belum pernah kamu cobain. Mau tau apa aja makanan yang ada sejak zaman penjajahan dan harus kamu cobain? Yuk, simak artikel ini!

Makanan Indonesia Yang Ada Sejak Zaman Penjajahan

Semur

Meskipun bercitarasa lokal, ternyata sejarah semur bisa ditelusuri sampai ke kuliner Belanda. Semur ini sudah banyak disukai oleh para warga lokal dikarenakan cita rasanya yang khas dan manus. Menurut The Javanese, istilah semur berasal dari bahasa Belanda smoor(rebusan) atau smoren(merebus). Di Belanda sendiri smoor adalah daging yang direbus bersama tomat dan bawang dalam waktu lama.

Di Indonesia, smoor berkembang dari sekadar rebusan daging sapi dengan tomat dan bawang menjadi masakan kaya bumbu dengan berbagai bahan dasar alternatif. Di Groot Nieuw Oost-Indisch Volledig Kookboek, buku resep tertua yang diterbitkan pada masa Hindia Belanda saja setidaknya ada 6 variasi resep semur, yaitu Smoor Ajam I, Ajam Smoor II, Smoor Ajam III, Smoor Bandjar van Kip, Smoor Bantam van Kip, dan Solosche Smoor van Kip.

Lambat laun, semur dengan citarasa lokal pun mulai bermunculan dan menjadi kuliner khas beberapa daerah. Antara lain semur jengkol yang sangat populer di kalangan warga Betawi.

Gatot

Memang nama ini mirip sekali dengan nama orang . Hehehe. Makanan ini diolah dari bahan singkong yang ditanak, dikasih gula merah, dan diberi taburan kelapa dan garam secukupnya saat disajikan. Makanan khas orang jaman dulu nih guys!

Gethuk

Singkong pada zaman dahulu dipakai menjadi makanan pokok sebagai pengganti beras.Makanan ini cocok dikala menemani sambil bermain situs slot gacor terpercaya .Kalau yang ini namanya gethuk, dan asalnya sih dari Jawa. Jadi, singkong direbus dan ditumbuk terus ditambahkan gula merah. Habis itu disajikan pakai parutan kelapa deh di atasnya. Enak, lho!

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.