Sejarah Kuliner Di Indonesia

Indonesia awalnya dikenal sebagai negeri penghasil rempah yang berlimpah. Dari bumbu berdasar rempah inilah, banyak masakan khas asli Indonesia yang tercipta. Bukan itu saja. Interaksi perdagangan dengan negeri luar Indonesia, menciptakan persilangan jenis masakan yang juga memperkaya selera.Bukan hanya karena berkaitan dengan lidah, kuliner dalam perkembangannya tak lepas dari proses politik, ekononi, dan budaya. Rempah-rempah yang menjadi identitas kuliner Indonesia menarik perhatian berbagai negara untuk datang ke Indonesia.

Ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi cita rasa kuliner Indonesia. Setiap wilayah di Indonesia membentuk potensi kulinernya masing-masing. Ini menjadikan kuliner di setiap wilayah di Indonesia memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa kuliner pada zaman Hindu-Buddha yang masih ada sampai sekarang dan menjadi favorit Presiden Soekarno yaitu pecel, sambal, rawon, dan dawet. Banyaknya pendatang yang berkunjung dan bahkan menetap di Indonesia sejak zaman dahulu menciptakan asimilasi budaya dengan kuliner lokal. Sejarah kuliner Indonesia memang menjadi sebuah bahasan empuk yang banyak menarik perhatian.

Nasi Goreng

Sebenarnya masakan ini adalah masakan yang sangat banyak variasinya di berbagai belahan dunia. Namun di Indonesia memang dikenal punya ciri khas tersendiri. Utamanya, karena tambahan bumbu rempah khas Indonesia. Dari berbagai literatur, disebut nasi goreng awalnya diolah masyarakat Tiongkok sejak 4000 SM. Mereka punya pantangan makan masakan yang sudah dingin. Di sisi lain, mereka juga pantang membuang makanan. Maka, sisa nasi yang sudah dingin kemudian diolah kembali dengan tambahan aneka bumbu.

Rendang

Terciptanya kuliner rendang berasal dari hasil akulturasi budaya yang masuk ke Minang. Salah satu kuliner yang sejenis dengan hidangan rendang yaitu kuliner kari dari India.Minangkabau memang punya banyak pengaruh dari segi bumbu, karena dulu dalam sejarahnya orang India judi online dan pakistan datang ke Minangkabau untuk mencari rempah. Kuliner Rendang bisa kalian temui hampir di berbagai daerah di indonesia. Kalian bisa membeli nya di masakan padang terdekat. Karena dengan harga yang relatif murah kalian bisa menikmati sajian rendang tersebut.

Sate

Sajian berupa daging yang diiris-iris kecil dan ditusuk menggunakan tusuk kayu ini adalah makanan legendaris nusantara. Sate mungkin bisa disejajarkan dengan bakso atau mie ayam, yakni sajian yang selalu ada melintas berbagai musim juga tahun.Hampir di negara-negara Asia Tenggara, siapapun bisa menemukan hidangan sate. Konsep sajian sama, yaitu makanan yang ditusuk menggunakan tusuk bambu dan dibakar serta dioles menggunakan saus kacang.

 

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.