Sejarah Berakhirnya Perang Dunia ke Dua

Sejarah Berakhirnya Perang Dunia ke Dua

Perang Dunia ke Dua berakhir enam tahun dan satu hari setelah invasi Jerman ke Polandia pada 1 September 1939, memicu konflik global kedua abad ke-20. Dan pada saat itu perjanjian perdamaian ditulis di dek kapal perang Amerika pada 2 September 1945, Perang Dunia ke Dua telah merenggut nyawa sekitar 60 sampai 80 juta orang, sekitar 3 persen dari populasi dunia.

Kebanyakan dari mereka yang mati dalam perang paling mematikan dalam sejarah ialah warga sipil, termasuk 6 juta orang Yahudi yang dibunuh di kamp konsentrasi Nazi.

Pada saat Amerika Serikat memasuki Perang Dunia ke 2 setelah pengeboman yang dilakukan Jepang di Pearl Harbor, pasukan Jerman menguasai sebagian besar Eropa dari Laut Hitam sampai Selat Inggris. Gabungan sekutu bagaimanapun akhirnya bisa mengakhiri Perang Dunia ke Dua ini.

Pertempuran di Bulge

Jerman sadar jika dirinya terjepit di kedua sisi saat pasukan Soviet bergerak ke Polandia, Cekoslowakia, Hongaria dan IDN Play sementara Sekutu bagian Barat terus bergerak ke arah timur. Dipaksa untuk berperang dua front dengan sumber daya yang semakin sedikit, Hitler yang kala itu semakin putus asa mengizinkan serangan terakhir di Front Barat dengan harapan bisa mengalahkan pasukan Sekutu.

Nazi melancarkan serangan dadakan sejauh 80 mil, bentangan hutan lebat Hutan Ardennes di Belgia dan Luksemburg pada 16 Desember 1944.

Sejarah Berakhirnya Perang Dunia ke Dua

Jerman Menyerah

Setelah pemboman Dresden dan kota-kota Jerman lainnya yang menewaskan setidaknya puluhan ribu warga sipil, Sekutu Barat menyeberangi Sungai Rhine dan bergerak ke timur menuju kota Berlin. Saat mereka mendekati ibu kota, pasukan Sekutu menemukan kengerian Holocaust saat mereka mencoba membebaskan tawanan di kamp konsentrasi Nazi seperti Bergen-Belsen dan Dachau.

Dengan kedua front yang hancur dan kekalahan Jerman tidak terhindarkan, Hitler akhirnya bunuh diri di dalam bungker rahasianya di Kanselir Reich pada tanggal 30 April 1945.

Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki

Bahkan setelah kemenangan Sekutu di Eropa, Perang Dunia ke Dua masih terus berlanjut di Samudra Pasifik. Pasukan Amerika telah menentukan sebuah keputusan, dengan mengubah arah perang ke Jepang dengan kemenangan pada Pertempuran Midway bulan Juni 1942.

Pertempuran di Iwo Jima dan Okinawa pada musim dingin dan musim semi tahun 1945 merupakan salah satu yang paling berdarah dari perang tersebut, dan militer Amerika memperkirakan jika ada total 1 juta korban yang menjadi korban peperangan Amerika Serikat dan Jepang.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.