Sejarah dari Perang Dunia Pertama

Sejarah dari Perang Dunia Pertama

Perang Dunia Pertama atau yang sering dikenal sebagai Perang Besar, dimulai pada tahun 1914 setelah pembunuhan Archduke Franz Ferdinand asal Austria. Pembunuhannya memicu perang di seluruh Eropa yang berlangsung hingga 1918. Selama Perang Dunia Pertama berlangsung, Jerman, Austria-Hongaria, Bulgaria, dan Kesultanan Utsmaniyah yang merupakan Kekuatan Sentral berperang melawan pasukan Inggris Raya, Prancis, Rusia, Italia, Rumania, Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat yang tergabung dalam Kekuatan Sekutu.

Karena prekembangan sebuah teknologi militer baru dan keganasan firewaterallen, Perang Dunia Pertama menyaksikan tingkat pembantaian dan kehancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada saat perang usai dan Sekutu mengklaim kemenangan, lebih dari 16 juta orang dan tentara serta warga sipil dinyatakan tewas.

Archduke Franz Ferdinand

Ketegangan dimulai di seluruh benua Eropa khususnya di wilayan Balkan yang memilki perseteruan denga negara di Eropa Tenggara selama bertahun-tahun sebelum Perang Dunia Pertama benar-benar pecah.

Sejumlah pasukan aliansi yang menggabungkan sejumlah kekuatan Eropa, Kekaisaran Ottoman, Rusia dan pihak lain telah ada selama bertahun-tahun, tetapi ketidakstabilan politik di Balkan khususnya Bosnia, Serbia dan Herzegovina yang mengancam untuk menghancurkan perjanjian ini.

Awal mula yang menjadi penyebab terjandinya Perang Dunia Pertama terjadi di Sarajevo, Bosnia, di mana Archduke Franz Ferdinand pewaris Kekaisaran asal Austro-Hungarian ditembak mati bersama istrinya, Sophie, oleh nasionalis Serbia Gavrilo Princip pada 28 Juni 1914. Princip dan nasionalis lainnya sedang berjuang untuk mengakhiri kekuasaan Austro-Hongaria atas Bosnia dan Herzegovina.

Sejarah dari Perang Dunia Pertama

Perang Dunia Pertama Dimulai

Sangat yakin jika gabungan dari Austria dan Hongaria sedang bersiap untuk perang, pemerintah Serbia memerintahkan tentara Serbia untuk bergerak dan meminta bantuan negara Rusia. Pada tanggal 28 Juli, Austria-Hongaria menyatakan perang terhadap Serbia, dan perdamaian yang lemah antara kekuatan besar Eropa dengan cepat runtuh.

Dalam kurun waktu seminggu, Rusia, Belgia, Prancis, Inggris Raya dan Serbia telah bersiap untuk melawan pasukan Austria, Hongaria dan Jerman, dan Perang Dunia Pertama telah dimulai.

Front Barat

Menggunakan strategi militer agrsif yang dikenal sebagai Rencana MIliter Schlieffen , Jerman mulai berperang dalam Perang Dunia I di dua front, menyerang Prancis melalui Belgia yang netral di barat dan menghadapi Rusia di timur.

Tepatnya ada tanggal 4 Agustus 1914, pasukan Jerman melewati perbatasan ke Belgia. Dalam pertempuran pertama Perang Dunia Pertama, Jerman menyerang kota Liege yang dijaga ketat oleh pasukan Aliansi, menggunakan senjata paling kuat di gudang senjata mereka—meriam pengepungan yang sangat besar—untuk merebut kota itu pada 15 Agustus.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.